Fregat Rudal Berpandu Indonesia, PKR SIGMA 10514


Dua kapal fregat dengan rudal berpandu, SIGMA 10514 Perusak Kawal Rudal (PKR), kini tengah dibangun oleh PT PAL Indonesia (Persero), bekerja sama dengan Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS) untuk Angkatan Laut Indonesia (TNI-AL).
 
Fregat itu dirancang untuk melakukan berbagai misi, termasuk untuk patroli di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia, pencegahan, keamanan maritim, pencarian dan penyelamatan, anti-permukaan, peperangan elektronik dan anti-udara.
 
Kapal fregat juga dapat digunakan untuk tugas-tugas bantuan kemanusiaan.

Pemesanan Dan Penyerahan Frigat PKR SIGMA 10514
 
Proyek kapal dengan rudal berpandu, PKR SIGMA 10514, diluncurkan oleh Kementerian Pertahanan Indonesia pada bulan Agustus 2010.
 
Kementerian Pertahanan RI resmi memberikan kontrak kepada DSN untuk pembangunan fregat PKR SIGMA 10514 pertama pada bulan Desember 2012. Pemotongan pelat baja pertama dilakukan pada bulan Januari 2014 dan keel-laying pada April 2014 di galangan kapal PT PAL di Surabaya, Indonesia, selaku lead integrator.


Four of six core modules will be built at Surabaya shipyard, while the remaining two will be constructed and tested at Vlissingen shipyard in the Netherlands. The ship is scheduled for delivery in 2017.

Empat dari enam modul inti akan dibangun di galangan kapal Surabaya, sedangkan dua sisanya akan dibangun dan diuji di galangan kapal Vlissingen di Belanda. Penyelesaian kapal ini dijadwalkan pada tahun 2017.
 
Sebuah kontrak lain untuk pembangunan kapal rudal berpandu kedua ditandatangani pada bulan Februari 2013. Pemotongan pelat baja pertama dilakukan pada bulan September 2014 dan upacara peletakan lunas diadakan pada Desember 2014.
 
Pada November 2013, Thales memenangkan kontrak dari DSNS untuk menyediakan perlengkapan full mission systems untuk kedua frigat tersebut.

Desain, Fitur dan Akomodasi PKR SIGMA 10514
 
Struktur lambung SIGMA 10514 PKR ini dibuat menggunakan baja untuk kapal grade A / AH36. Kapal memiliki panjang 105.11m, lebar 14.2m lebar dan memiliki displacement sekitar 2,365t.
 
Kabin yang sepenuhnya ber-AC mampu menampung 100 awak kapal dan 20 perwira tambahan. Konsol ruang kendali yang terintegrasi dilengkapi dengan tampilan grafik elektronik dan sistem informasi (ECDIS), memberikan pandangan jelas ke sekeliling dan pengoperasian kapal dengan aman.
 
Kapal ini memiliki hangar helikopter dan dek penerbangan belakang dengan kemampuan pengisian bahan bakar di laut untuk menampung dan mengoperasikan helikopter 10T selama siang dan malam. Kapal ini juga dapat membawa dua perahu karet rigid hulled inflatable boats (RHIBs) untuk operasi patroli dan transportasi.


Persenjataan Dan Kemampuan Tindak Balas Kapal fregat

Kapal dengan rudal berpandu ini dipersenjatai dengan sistem pertempuran jarak dekat close-in weapon system (CIWS), senjata kaliber sedang 76mm, dua peluncur rudal permukaan ke permukaan surface-to-surface missile (SSM), dan peluncur sistem pertahanan udara vertikal jarak pendek  12-cell vertical launched short range air defence system (VL SHORADS).

Dua buah triple torpedo launchers disediakan untuk peperangan anti-kapal selam. Kapal ini juga dilengkapi dengan sistem rudal berpandu dan sistem senjata untuk anti serangan udara, serta operasi peperangan anti-permukaan.
 
Kemampuan tindak balas meliputi dua umpan decoy / chaff,  penindakan secara elektronik atau electronic support measures (ESM), dan tindak balas secara elektronik atau electronic counter measures (ECM).

Peralatan Sensor
 
PKR SIGMA 10514 menggabungkan sistem pengendali  kebakaran elektro-optik (EO) STIR 1,2 Mk2, identifikasi teman atau lawan identification friend or foe (IFF), sonar yang terpasang di lambung KINGKLIP,  serta radar penunjuk sasaran dan multibeam surveillance SMART-S Mk2 3D. Frigat ini juga memiliki datalink LINK-Y, sistem komunikasi internal dan eksternal yang terintegrasi serta  kemampuan pengintaian udara, permukaan dan bawah permukaan yang luas.
Sistem manajemen tempur kapal,Tacticos yang dirancang oleh Thales mengintegrasikan sensor kapal, senjata dan peralatan lainnya untuk menyediakan informasi tentang siatuasi yang ada secara real-time.
Navigasi fregat mencakup dua radar, global maritime distress and safety system A3 (GMDSS-A3) (GMDSS-A3) dan gyro referensi.

Sistem Propulsi Kapal
 
Gabungan sistem propulsi diesel atau listrik (CODOE) terdiri dari dua mesin diesel 10,000kW maximum continuous rating (MCR), dua motor listrik 1,300kW, dua buah gearbox dengan masukan ganda/ keluaran tunggal, dan dua baling-baling 3.55m controllable pitch propellers.
Unit tambahan mencakup enam generator set 715kWe, satu set generator darurat 180kWe, dua sistem distribusi air dingin redundant, ssitem degaussing dan pemadam kebakaran dengan empat pompa utama dan satu service pump.

Kinerja Fregat PKR SIGMA 10514 
 
Kapal dengan rudal berpandu PKR SIGMA 10514 memiliki kecepatan 28kt. Kapal ini dapat berlayar hingga sejauh 5,000nm pada kecepatan 14kt dan dapat bertahan selama 20 hari di laut.

Sumber: Naval Technology 

KEMBALI KE HALAMAN UTAMA 



Kunjungi TOKO FARSA di TOKOPEDIA

Kunjungi TOKO FARSA di BUKALAPAK
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar